Sabtu, 24 September 2016

Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas

Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas
Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas - Beberapa dari orang-orang sangat menginginkan smartphone buka bungkus atau baru namun ada lagi yang merasa beruntung dengan membeli smartphone bekas saja. Memang keduanya ada kelebihan dan kekurangan. Untuk membeli smartphone baru tentu dana yang harus dikeluarkan pasti lebih banyak sedangkan untuk bekas bisa jadi separuh dari harga baru. Namun jangan salah dulu membeli smartphone bekas juga terkadang bisa lebih merugikan karena membeli smartphone hasil curian, smartphone sudah ada kerusakan parah namun tidak kalian cek dan lainnya lagi.

Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas
Nah untuk itu jika kalian memang memiliki dana terbatas tentu kalian akan menekatkan membeli smartphone bekas saja. Agar kalian tidak merugi coba kalian ikuti Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas yang ulasannya kami tulis dibawah ini.

1. Periksa kelengkapannya

Ya jika kalian memang ingin aman ya tentu beli lah smartphone bekas namun masih terdapat kelengkapan dari smartphone tersebut. Biasanya seseorang yang menjual smartphone bekas akan memberikan juga kotak dan kelengkapannya. Namun kalian juga harus cek nomor IMEI pada kotak dan smartphone apakah sama atau tidak. Jika tidak sama kalian patut mencurigai smartphone tersebut dan tentu penjualnya juga. Kalian juga harus cek kelengkapannya apakah masih orisinil atau sudah diganti. Karena hal ini bisa membuat anda bisa lebih menawar dengan harga murah lagi jika perlengkapannya sudah dilakukan penggantian apalagi tidak sesuai merek.

2. Periksa body dan tombol smartphone

Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas yang kedua adalah cek atau periksa kondisi body. Jika terdapat lecet-lecet kecil maupun besar mungkin bisa kalian tanyakan apa penyebabnya bisa jadi smartphone tersebut sering jatuh, ingat smartphone yang sering terjatuh memang kualitas dan performa juga akan menurun. Selain itu perlu diketahui untuk beberapa smartphone untuk harga casingnya ada yang sangat mahal. Selain body cek juga fungsi tombol masih sensitif atau tidak saat digunakan.

3. Kondisi Layar

Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas yang ini sangat penting yaitu dengan melihat kondisi layar. Banyak sekali penjual smartphone bekas tidak menyertakan anti gores pada smartphonenya sehingga akan banyak goresan yang nantinya bakal mengganggu pandangan kalian. Kalian juga bisa cek kualitas layar tersebut dengan cara mengakses pengaturan layar coba kalian buka gambar warna polos seperti putih, hitam, biru, merah,hijau apakah ada warna lain atau titik kecil (dead pixel) pada layar tersebut. Jika anda melihatnya berarti layar tersebut tinggal menunggu waktunya akan rusak atau kualitasnya sudah buruk.

4. Speaker

Pastikan kedua speaker yaitu speaker kecil untuk telpon dan juga loud speaker untuk mengeluarkan suara pada smartphone seperti musik, suara nada dering dll. Nah pastikan kedua speaker tersebut mengeluarkan suara dengan jelas dan normal alias tidak bergresek.

5. Konektivitas dan Jaringan

Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas yang selanjutnya adalah cek konektivitas dan jaringannya apakah berjalan dengan semestinya atau tidak yang meliputi jaringan internet (data), wifi, bluetooth, dan NFC.

6. Kondisi baterai

Cek kesehatan baterai secara fisik dan non fisik. Untuk fisik kalian lihat saja kondisi baterai apakah kembung, lecet atau tidak. Kemudian untuk kualitas baterai dari non fisik kalian membutuhkan waktu untuk mengeceknya. Bisa dengan melakukan pengecasan, Jika saat dicas begitu cepat sekali mengisi baterai dan saat digunakan cepat sekali habis baterai tentu kalian patut mencurigainya. Ingat harga baterai orisinil terbilang cukup mahal. Anda juga bisa mengecek kesehatan baterai dengan mendial *#*#4636#*#* lalu pilih info baterai.

7. Cek Kamera

Nah yang terakhir coba kalian akses kameranya. Coba lakukan penjpretan dengan menutup rapat lensa dengan jari. Tentu anda akan mendapat hasil gambar yang hitam pekat, namun jika kalian mendapat warna lain atau ada bias seperti warna putih atau ungu kemungkinan kualitas lensa sudah tidak bagus lagi. Jangan lupa cek lampu flash dan autofocusnya juga.

Demikianlah ulasan kami tentang Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas. Kesimpulannya berhati-hati lah sebelum memutuskan untuk membeli smartphone bekas ajaklah orang atau teman yang mengerti untuk mengecek kondisi smartphone yang akan kalian beli agar kalian tidak asal beli apalagi membelinya secara online.
 
About - Contact Us - Privacy Policy
Back To Top